Etika & Profesionalisme TSI

  • Jelaskan dengan lengkap beserta gambar tentang aplikasi keamanan dan keselamatan sebagai berikut:
  1. Sos
  2. Kontrol jarak jauh
  3. Tracking Automatic Navigasi

Jawab :

A. SOS

adalah nama untuk tanda bahaya kode Morse internasional. (• • • – – – • • •). Tanda ini pertama kali digunakan oleh pemerintah Jerman pada 1 April 1905, dan menjadi standar di seluruh dunia sejak 3 November 1906. Dalam kode Morse, tiga titik adalah kode untuk huruf S dan tiga garis adalah huruf O. Dalam penggunaannya, SOS sering dihubungkan dengan singkatan kata “Save Our Ship,” “Save Our Souls,” “Survivors On Ship,” “Save Our Sailors” “Stop Other Signals”, dan “Send Out Sailors”.

B. Kontrol jarak jauh atau Pengendali jarak jauh (remote control) adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk mengoperasikan sebuah mesin dari jarak jauh.

C. Tracking automatic navigasi adalah alat pelacakan otomatis navigasi. Alat pelacak dan cara kerja GPS untuk kendaraan. Saat ini para pengendara kendaraan bermotor baik sepeda motor, mobil, truck maupun container sudah melengkapi kendaraan mereka dengan perangkat yang dinamakan General Positioning System atau biasa disebut dengan alat pelacak motor. Sebenarnya perangkat ini memiliki dua jenis yang berbeda yakni Gps navigasi dan Gps tracker. Gps navigasi berfungsi sebagai petunjuk arah atau mirip dengan peta yang ditampilkan dalam layar monitor ukuran 3 hingga 6 inchi. Biasanya Gps navigasi ini terpasang pada dashboard mobil.

–          Pengertian Gps Tracker

Gps tracker merupakan alat pelacak motor yang juga bisa disebut dengan Gps tracking. Gps ini berbentuk kecil dan dilapisi oleh casing yang kuat dan tahan terhadap panas, air atau gunjangan. Fungsi dari Gps tracker ini adalah perangkat yang bisa memberikan informasi terkait dengan lokasi dimana perangkat ini dipasang. Dengan bantuan sinyal GPRS yang terpasang pada Gps, pengendara bisa melacak keberadaan dari kendaraannya dengan mudah dan cepat. Dengan begitu apabila kendaraan dicuri, bisa dilacak keberadaanya dan akhirnya bisa ditemukan kembali. Karena fungsinya yang demikian, maka sistem Gps tracker untuk motor ini dipasang ditemmpat tersembunyi dan tidak mudah dilihat agar pencuri tidak sadar bahwa kendaraan tersebut sedang dimata-matai.

–          Cara Kerja Gps Tracker

Cara kerja umumnya dari sistem Gps tracker adalah mencari letak posisinya dengan memanfaatkan sinyal GPS dari satelit GPS. Setelah itu posisi tersebut diterjemahkan dalam bentuk informasi data lalu dikirimkan via sms atau webtracking dengan bantuan sinyal GPRS. Informasi data tersebut berupa link Google maps yang kemudian bisa dibuka dengan browser.

–          Bagaimana Gps Tracker Bisa Melacak Kondisi Kendaraan Secara Real Time?

Dengan kecanggihan alat dari GPS tracker, para pengguna dapat menemukan titik koordinat pada kendaraan yang sudah kita pasangi GPS dengan sangat mudah. Kita bisa melakukan pendeteksian dengan bantuan webtracking platform atau berupa sms. Awalnya kita mengirimkan kode tertentu pada nomor sim card yang sudah kita masukkan ke dalam GPS Tracker. Setelah itu, alat GPS tracker akan mengirimkan pesan secara otomatis kepada Anda yang berisi titik koordinat posisi kendaraan atau berupa link google maps yang bisa Anda buka melalui ponsel pintar Anda.

–          Fitur Canggih Mematikan Mesin Kendaraan dari Jarak Jauh

Fitur yang terdapat dalam sistem Gps Tracker yang satu ini memang paling banyak dicari oleh para pengendara kendaraan bermotor. Ketika mungkin kendaraan sedang dicuri, pemilik kendaraan dapat melindungi kendaraan mereka dengan mematikan mesin dari jarak jauh. Dengan fitur ini, penguncian lokasi kendaraan bisa dilakukan agar tidak berubah-ubah sehingga dapat segera dikejar.

Sumber :

http://forichon.blogspot.com/2015/02/alat-pelacak-dan-cara-kerja-gps-untuk.html?m=1

http://etrisetiowati.blogspot.com/2015/06/penulisan-etika-dan-profesionalisme-tsi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s