Membuat Garis Vertikal, Horizontal Dan Diagonal Dengan Menggunakan OpenGL

OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu standar API yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). didalam OpenGL mempunyai banyak pustaka /library yang disebut OpenGL Unit Library Toolkit(Glut).
Didalam Glut tersebut sudah terdapat berbagai fungsi, mulai aplikasi windows (windowing) sampai aplikasi grafik lainnya, sehingga tidak repot-repot mengubah kode progam jika diterapkan pada sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda.
OpenGL ini sifatnya open source, dapat dipakai pada banyak platform (Windows ataupun Linux) dan dapat digunakan pada berbagai jenis compiler bahasa pemrograman seperti C++, Delphi, Java ataupun VB

Image

Langkah awal membuat program OpenGl.Pertama yang harus yang kita lakukan pastikan leptop anda sudah terinstal aplikasi ini kalau belum lakukan dengan cara menginstal  Dev C++ dan gluth.h yaitu header yang digunakan untuk openGL.Karena software inilah yang akan digunakan untuk bekerja dengan openGL.Buka Dev C++ untuk memulai project baru.Sedangkan beberapa library yang telah ditulis untuk menyediakan fungsi-fungsi tambahan pada OpenGL adalah :

A. OpenGL Utility Library (GLU) yang didalamnya terdapat sejumlah rutin yang menggunakan level bawah dari perintah OpenGL. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glu. Library ini digunakan sebagai bagian dari implementasi OpenGL.

B. OpenGL Extension untuk X-Windows yang menyediakan fungsi untuk menciptakan OpenGL context dan mengasosiasikannya dengan mesin yang menggunakan X-Windows. Rutin-rutin ini mempunyai awalan glx.

C. Auxiliary atau aux library terdapat pada library glaux.lib dan file header glaux.h. Perintah yang akan digunakan selalu menggunakan awalan aux

D. OpenGL Utility Toolkit (GLUT) adalah toolkit untuk sistem windows yang ditulis oleh Mark Kilgard untuk menyembunyikan perintah API sistem windows yang kompleks.

 

cara membuat project baru :
1. Klik menu File > Pilih New > Project .

 Image

2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.

 Image

Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program yang ditugaskan pada mata kuliah grafik komputer dan pengolahan citra ini yaitu  membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.

Jangan lupa pada saat menuliskan koding dibawah

 /* OpenGL animation code goes here */

 

1.Membuat Garis Vertikal

 Image

 

Koding dan penjelasannya :

  /* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang

glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.

glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.

glBegin(GL_LINES); //untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .

glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.

glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.

glEnd ();//untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .

glPopMatrix ();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :

 Image

 

2. Membuat Garis Horizontal

Untuk membuat garis Horizontal langkah-langkahnya sama seperti membuat garis vertikal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut adalah koding garis horizontal :

 Image

 

Koding dan penjelasannya :

  /* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang

glPushMatrix ();Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.

glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.

glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .

glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.

glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.

glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .

glPopMatrix ();// Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :

 Image

 

3.Membuat Garis Diagonal

Untuk membuat garis Diagonal langkah-langkahnya sama seperti membuat garis vertikal dan horizontal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut adalah koding garis diagonal :

 Image

 

Koding dan penjelasannya :

  /* OpenGL animation code goes here */

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang

glPushMatrix ();// Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.

glColor3f(1,1,1); //untuk menentukan warna garis/titik.

glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .

glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.

glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.

glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .

glPopMatrix ();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.

SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.

Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :

Image

 

Sumber referensi :

http://chelamutia.blogspot.com/2012/10/membuat-garis-vertikalhorizontal-dan.html

http://ndahchimoet.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-sebuah-garis-horizontal.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s